Selasa, 07 Juni 2016

KOLABORASI TRIP FEAT MTMA BALIKPAPAN PART 1

HUTAN MANGROVE TRITIP BALIKPAPAN

Dalam Rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1437H, kami MTMA Samarinda mengadakan Closing Trip berkolaborasi dengan teman-teman MTMA Balikpapan. Dengan Tujuan Hutan Mangrove di kawasan Pantai Pendopo dan juga berkunjung ke Pantai Manggar serta Pantai Auri Balikpapan.
 
Minggu 05 Juni 2016 hujan deras yang menguyur Kota Samarinda kami tetap melakukan perjalanan menuju Balikpapan. Dan tak lupa sebelum melakukan perjalanan kami selalu sempatkan untuk Sarapan.
SARAPAN
Perjalanan ditempuh sekitar 2 Jam dari kota Samarinda menuju tempat trip pertama yaitu Hutan Mangrove Tritip dikawasan Pantai Pendopo. Mangrove Pendopo Tritip terletak di kawasan Balikpapan Selatan dekat dengan SDN 007 Balikpapan. Saat ini tempat tersebut sebenarnya belum dibuka sebagai tempat Pariwisata Balikpapan secara umum. Tempat tersebut memang belum disahkan sebagai tempat pariwisata Balikpapan karena fasilitas ke tempat tersebut memang cukup membingungkan, selain tidak adanya plang pada pinggir jalan raya, jalan masuk juga akan terlihat becek setelah hujan. Itulah alasan tempat tersebut belum disahkan menjadi tempat Pariwisata Balikpapan.

Dan untuk bisa masuk ke kawasan tersebut dikenakan biaya retribusi parkir sebesar 5000/motor dan 10.000/mobil. Jalan setapak yang masih tanah lempung membuat kami harus lebih berhati-hati, jalannya sangat licin dan berlumpur, apa lagi disalah satu perjalanan tersebut terdapat 2 tambak ikan yang berukuran besar dan kami harus berjalan ditengahnya.




 
PLANG SELAMAT DATANG DI HUTAN MANGROVE TRITIP
Untuk bisa sampai ke Pantai Pendopo kita harus melewati jembatan kayu yang cukup panjang. Sepanjang jalan kita akan disuguhkan pemandangan mangrove yang tersusun rapi disekitar jembatan kayu. Hutan Mangrove Tritip Balikpapan ini berada di Pinggir Pantai Kelurahan Tritip, sangat berbeda dengan Hutan Mangrove Margomulyo Balikpapan yang berada disekitara Sungai Wain.




Dikarenakan belum diresmikan sebagai tempat wisata dari Dinas Pariwisata Balikpapan kondisi jembatan kayu kurang terawat, terdapat beberapa pagar yang rusak. Semoga saja tempat wisata ini segera diresmikan dan fasilitas-fasilitas yang ada disini diperbaikin agar banyak lagi wisatawan lokal maupun luar negeri bisa datang ketempat ini. 

Hutan Mangrove tritip terdapat pendopo yang biasa digunakan untuk registrasi wisatawan yang datang ketempat tersebut dan sekaligus terdapat pedagang yang berjualan minuman dan makanan ringan. 
Dan biasa kalau malam hari bisa digunakan untuk camping bagi yang ingin menginap dilokasi tersebut. Dan menurut beberapa pengunjung yang kami temui bahwa suasana dipagi hari sangat sejuk dan dingin sekali ditempat ini. 

Pada saat kami mengunjungi kawasan pantai pendopo kondisi air dalam keadaan surut sehingga kami bisa langsung turun ke pantai walau hanya untuk sekedar berfoto-foto. Dikarenakan untuk kawasan pantai ini jarang sekali digunakan untuk berenangan karna tidak ada pengawas pantainya.


 
PANTAI PENDOPO








Dan kami ucapkan terima kasih kepada teman-teman dari MTMA Balikpapan yang udah mendampingi Trip di Hutan Mangrove Tritip Balikpapan. Semoga kita bisa saling menjaga keindahan alam yang ada ini. Dan semoga masing2 dari kita bisa terus mempromosikan tempat wisata di daerah kita agar bisa diketahui khalayak luas.


Feat MTMA Balikpapan


Come On Join us with MTMA Samarinda

Instagram : @mtmasamarinda
Facebook : MTMA Samarinda
email: mytripmyadventuresamarinda@gmail.com 

Youtube : MTMA Samarinda
Contact Person : 51BCFD5A

MY TRIP............. MY ADVENTURE ..........


2 komentar: